Senin, 13 Desember 2010

Belajar Mengenal Fungsi Hardware Pada Komputer Anda

Sekarang jaman sudah maju dan komputer sudah sangat di butuhkan bagi semua orang. Tidak ada salahnya kita mulai belajar mengenal atau belajar apa-apa saja tentang fungsi dan kegunaan dari komputer.
1. Fungsi Dan Pemahaman Tentang Motherboard
Motherboard adalah suatu komponen tempat pengendali yang mengatur kerja suatu komponen yang terpasang di dalam nya. Segala sesuatu seperti Hardics,CD,Flopy,Ram,Processor,Instalasi Listrik,Keyboard,Mouse, dan lain-lain. Semua di atur didalam mainboard.

Istilah Dalam Motherboard
~ BIOS
BIOS adalah suatu singkatan dari Basic Input Output System. BIOS merupakan suatu Informasi pada Motherboard dan juga merupakan suatu software perintah-perintah dasar pada komponen yang terpasang pada Motherboard.
~ Bus
Bus adalah suatu istilah yang menyatakan sistem aliran data yang digunakan oleh hardware pada Motherboard untuk berkomunikasi dengan Processor. Satuan yang di gunakan adalah frekuensi (Hertz)
~ Clock Speed

Clock Speed adalah suatu istilah untuk menyatakan suatu kecepatan dari sebuah Processor atau kmponen lainya yang terpasang pada Motherboard. Hasil Angka Clock Speed di dapat dari hasil perkalian multiplier Tehadap FSB. Semakin tinggi nilai clock speed, maka semakin tinggi pula kinerja yang dihasilkan oleh Processor atau komponen hardware tersebut. Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz) dan gigahertz (GHz). BIasanya kita sebut kecepatan eksternal dari sebuah processor.
~ FSB
FSB adalah sutu singkatan dari Front Side Bu, yaitu bus utama yang menghubungkan antara Processor dengan chipset motherboard. Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz).
~ heatsink
Heatsink atau biasa kita kenal dengan pendingin. Heatsink di gunakan unutk menyerap panas pada Processor agar suhu pada Processor stabil Heatsink biasanya di lengkapi oleh sebuah kipas
~ Overclocking
Overclocking adalah suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja processor, memori, atau kartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan sebuah system pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem. PC
2. Fungsi Dan Pemahaman Tentang Hardisk
Hardisk Adalah suatu komponen komputer yang terpasang untuk menyimpan file atau data yang kita isi. Hardisk sangat penting bagi sebuah kompen di dalam komputer karna dengan tidak adanya hartdicsk di komputer kita, kita tidak dapat menjalankan fungsi dari komputer kita. Hardisk terdiri dari berbagi macam ukurun, satuan yang digunakan dari MB,GB,hingga TB. semakin besar hardisk kita semakin besar pula data yang dapat kita simpan.
3. Fungsi Dan Pengertian Dari RAM
RAM merupakan singakatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara sebelum di Process langsung kedalam Processor pada komputer. Posisi RAM Berdekatan dengan posisi Processor. Hal ini dikarenakan agar data yang dikirim ke Processor dapat terkirim dengan baik. Dan apa bila komputer di matikan data yang tersimpan di dalam RAM akan terhapus. Contohnya Seperti ada akan membuka program atau aplikasi sebelum hardisk mengrim ke processor hardisk megirim data terlebih dahulu kedalam RAM Agar Progam yang akan kita jalankan akan berjalan sebagaiamana mestinya.
4. Fungsi Processor (CPU)
Processor adalah suatu komponen pada komputer yang berfungsi untuk memprocess data yang dirikim oleh RAM,Hardisk,Motherboard, dan lain-lain yang terpasang pada komputer.
Maaf blm bisa menjelaskan semua fungsi dan kegunaan dari hardware komputer karena sekarang lagi bayak kerjaan
Terimakasih dah mengunjungin Blog ini.

Related Posts:









0 komentar:

Posting Komentar